Rabu, 27 Januari 2010

Hunting Laptop Seken Seorang yg GAPTEK

Pagi…pagi, si Dalban udah datang ke rumah…eyeg…eyeg…eyeg, ada apa ban….? Pagi-pagi wis teka ning umah....
” Anu mas, njaluk tulung....besok pagi sedulurku mau balik kampung ke jawa....dia njaluk di tukukna laptop.” Kata Dalban.
” Walah hebat bener, pulang kampung oleh-olehe laptop.”
” Ya nggak juga mas....rencana mau cari yang sekenan aja, sekalian untuk belajar anaknya gitu”
” Waduh kang,,,, bukannya enyong nggak mau, tapi aku juga kurang begitu ngerti cara ngecek laptop seken.”
”Wis lah mas....ora usah merendah gitu toh....” Dalban mengiba sambil tetep ngeyel.
”Beneeeer kang Dalban, aku ndak bohong sung....”
Aku tetep nggak mau. Bukannya apa sih, disamping karena nggak ngerti....juga karena enyonge mau ngecat rumah,,,, lha ada cat yg isinya tinggal setengah ember dan sudah njogrog di gudang hampir 5 tahun, untungnya aku cek nggak ada expayednya.
” Ya wis mas, angger kaya kuwe....temenin aku aja jalan-jalan alias nglihat-nglihat aja, nggak enak jalan sendirian.”
Waduh...tahu juga si Dalban, kalau aku hobi jalan-jalan....dan ndak pernah bisa nolak kalau di ajak jalan-jalan (habisnya .... pasti ada acara makan gratisnya sih...he...he...he...)
” Oke lah bos kalo be’qgithu...., nanti siang aja...abis duhuran.”

Akhirnya setelah, si Dalban pulang....aku langsung telpon mas lulu yang kuliahan di amik nanya cara mengecek laptop seken, tapi jawabannya...bener-bener kurang memuaskan.
” Aku nggak tahu mas....makanya aku kuliah ngambil AMIK, biar tahu gitu, Cuma waktu aku sering maen di warnet, pernah di kasih tahu caranya seperti ini : 




Yah....kalo gitu mah sama aja namanya sama aku.
Sama-sama nggak mudengnya....

Akhirnya semedi sebentar dan......Dalban pun datang dengan semanga45 nya.....

Dengan modal pengetahuan yg sangat minim, meluncurlah aku dan Dalban ke pusat komputer seken di ”Carnaval Mall My Mart Batam Centre”

Akhirnya 2 wong culun dengan setengah-setengah pede memberanikan diri keluar masuk toko computer dan laptop baru maupun seken,

Masuk ke salah satu toko, melihat banyaknya laptop yg di pajang....aku jadi bingung.....apalagi pas di datangi penjaga stand yg imut (item mutlak) dan ditanya.....
” Apa yang bisa dibantu mas.....?” sapa penjaga itu lembut.
” Nggak mba....Cuma mau nglihat-nglihat aja kok.” Jawabku sekenanya.
” Di coba utk di cek boleh koq mas....”
Akhirnya sesuai dengan ilmu minimku aku geser-geser mouse dan ku teka-tekan keyboardnya. 
sesuai petunjuk yg tadi,  dan hasilnya adalah...eng...ing....eng.....


Berbisik aku bilang ke si Dalban, " Ban....akeh sing ora pada, alias banyak yg nggak matching."

eh...Si mbak nya datang lagi dan bertanya...
”Gimana mas ada yang cocok...?”
” Ini udah di bongkar ya mbak...?” tanyaku sok tahu.
”Iya mas, kalau cari yang seken tapi masih orsi di toko sebelah, ayo mas saya kasih tunjuk....”
Betul kata hatiku kan....?!

Aku menurut aja diajak ke toko sebelah yang ternyata masih sama yang punya.
” Ini mas......mas mau yang seperti apa....?”
”kortuduwo 2gebe mbak.”
” ini mas, sok aja kalu mau nglihat..”
”Mbak aja yg pijit-pijit, saya takut rusak....ya kalo beli, kalo nggak jadi....reppot.”

Akhirnya si Mbak dengan luwesnya mencet start run dan.....bukan dxdiag seperti biasa....tapi yg diketik adalah msinfo32.....ini hal baru bagi seorang gaptek sepertiku....lalu dijelasinlah...panjang lebar tentang keaslian tuh laptop ( tetep aja seken mbak alias bekas...!!!), akhirnya setelah selesai aku tanya harga dan jreng.....pura-pura nawar yg terendah yg pasti si mbak nggak mau kasih......dan akhirnya dengan mengucap terimakasih pada simbaknya aku keluar mall dan melanjutkan perjalanan selanjutnya.

Selesai sudah huntingku di Batam Centre ini, perjalanan selanjutnya adalah ke Nagoya Hill dan DCmall, setelah keliling akhirnya berhenti di sebuah counter laptop seken yg kelihatannya masih oke....dan iseng-iseng aku praktekan ilmu yang tadi baru di dapat yang ternyata yg jual ini pun gaptek juga, tidak tahu dan tidak mengerti cara mengecek laptopnya......nasib....nasib.

Akhirnya dengan pedenya aku mencoba 2 teori yg ternyata hasilnya nggak beda jauh.....yaitu seperti ini.

 


Hasilnya dengan yg lewat dxdiag sama aja rupanya.....coba perhatikan :


Ya udah....kembali ke laptop dengan Langkah selanjutnya tentu cek batrenya..
Aku minta sama yg jual agar melepas colokan kelistriknya dan kuhidupkan dengan batre selama 5 s/d 10 menit dan ternyata batre masih stabil (berkurangnya masih standard).

Berikutnya aku cek kondisi fisik, apa ada yg tergores, apa baut2 udah botak, apa ada bekas terjatuh, mengingat mesin laptop/chasisnya sangat dekat dengan bodynya.....sebagian malah ada yang menyatu dengan body laptop itu sendiri.

Dan akhirnya .... ini nih si Dalban aku suruh nanya harga....wuih 2,9jete dibuka haaarga oleh si penjual, karena si penjualpun gaptek, jadi mulai nih acara lobi-lobi dan trik sedikit dari seorang mantan sales vacum cleaner ini...dan wus....wus...wus...akhirnya si dalban bisa membawa pulang laptop dengan merk HP, intel centrino 1Gb dengan harga 2,4 jete.....

Udah ban....pulang yuk, makannya ntar malam aja lah di pujasera mukakuning, soale udah sore.....mau nonton seundeok dulu.

Kalau ada temen-temen atau sedulur yang tahu trik dan tip cari laptop seken atau komputer atau apa aja....mohon share disini aja, yah...itung....ituung .....amal....tambah pengalaman dan tamba ilmu githu....
.

0 comments:

Posting Komentar

 

cerita dari pulau Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template